Omzet Miliaran! Inilah Usaha Kuliner Paling Hits Tahun 2019


Indonesia telah usang dikenal menjadi negeri yang mempunyai kekayaan masakan paling melimpah pada global. Kuliner Indonesia mempunyai karakteristik spesial   cita rasa yg kuat dengan bumbu rempah yg disediakan oleh tanah tropis. Mulai menurut kemiri, cabe, temu kunci, jahe, kencur, lengkuas, kunyit, lada, dan lain sebagainya.

Dengan jumlah suku bangsa mencapai 1.340, berdasarkan survei BPS yg mendiami lebih menurut 13.000 pulau, kekayaan kuliner yang melimpah adalah sebuah keniscayaan. Setiap suku bangsa & daerah mempunyai kekhasan masakan yang berbeda-beda. Misalnya, masyarakat Jawa lebih akrab menggunakan beras atau nasi putih menjadi makanan pokok. Ini tidak mampu dilepaskan menurut syarat tanah pada Jawa yang fertile buat persawahan padi. Sedangkan pada wilayah lain misalnya Papua, pada sana sagu lebih akrab menjadi kuliner utama rakyat.

Orang Indonesia jua dikenal senang  makan-makan. Ini mungkin beririsan dengan budaya rakyat Indonesia yang bahagia berkumpul-kumpul sembari beranjangsana & mengudap kuliner. Dengan sosiografis yang demikian, tidak mengherankan jika industri kuliner Indonesia termasuk industri yang berjaya.

Mengutip laporan CNN Indonesia, awal Januari 2017, Badan Ekonomi Kreatif Indonesia menyebut, bisnis masakan sejauh ini menaruh donasi terbesar untuk sektor ekonomi kreatif. Lebih jelasnya, ada 16 sektor di mana terdapat 3 sektor yg menyumbang 30% perekonomian kreatif, yaitu kuliner, mode & kerajinan.

Tingkat pendapatan masyarakat yang terus semakin tinggi membawa tren kenaikan gaya hayati. Ini yang mendorong bisnis kuliner buat terus berjaya tak lain karena makan bukan sekadar urusan perut semata, melainkan sudah menjadi bagian berdasarkan gaya hidup.


Beberapa label kuliner di Indonesia telah terdapat yg berhasil sebagai label dunia. Sebut saja, Kebab Baba Rafi, JCO, Alfamart, dan lain sebagainya. Kesuksesan label-label kuliner Indonesia ini semakin meneguhkan betapa industri masakan menjanjikan prospek yg yang menggiurkan.

Usaha masakan atau makanan & minuman menjanjikan prospek yg menarik. Maklum, makanan dan minuman termasuk kebutuhan utama yg niscaya dibutuhkan sang setiap orang untuk bertahan hayati. Ditambah menggunakan tren gaya hidup, bisnis masakan menjanjikan prospek menarik yang mampu engkau  jajaki jika ingin merintis karir sebagai wirausaha.

Di sisi lain, peluang usaha kuliner jua nisbi tidak membutuhkan modal terlalu akbar bergantung skala usaha yg hendak kamu sasar. Usaha masakan kaki 5 menggunakan gerobak sederhana bisa kamu jalankan dengan modal di bawah Rp5 juta. Tetapi bila hendak merintis usaha kuliner yang menjanjikan skala restoran yang relatif besar , otomatis modal yang diharapkan pula gede.

Nah, apa saja bisnis masakan yg hits tahun 2018 ini & sanggup sebagai wangsit engkau  yg ingin menjadi wirausahawan kuliner sukses? Simak daftarnya pada bawah ini:

1. Ayam Gepuk Pak Gembus

Kuliner ayam ini hits banget semenjak beberapa tahun belakangan. Muncul di publik sejak tahun  2013, Ayam Gepuk Pak Gembus saat ini telah mempunyai lebih berdasarkan 400-an cabang di pada sampai luar negeri. Mengutip pemberitaan Kompas 31 Juli lalu, PT Yellow Food Indonesia, induk usaha Ayam Gepuk Pak Gembus, berawal dari usaha kaki lima biasa di Jakarta Barat yang dirintis sang Ridho Adityawan menggunakan modal Rp23 juta.

Ketekunan Ridho menjajakan kuliner berciri khas sambal bawang super pedas ini berbuah. Melalui taktik waralaba, Ayam Gepuk Pak Gembus akhirnya sukses menjadi usaha masakan unik paling hits & menginspirasi lahirnya lini-lini usaha berbasis ayam goreng menggunakan side dish sambal super pedas.

Bila engkau  tertarik mengikuti kesuksesan Ridho, usaha Ayam Gepuk Pak Gembus ini ditawarkan jua melalui skema franchise menggunakan kapital mulai Rp35 juta. Kini, usaha masakan Ayam Gepuk Pak Gembus ini sudah sanggup mencetak omzet miliaran rupiah.

2. Ayam Geprek Bensu

Ayam masih sebagai kuliner favorit orang Indonesia. Selain tren ayam gepuk, usaha kuliner kekinian yang pula hits di tahun 2018 merupakan Ayam Geprek Bensu yang dirintis sang selebritis Ruben Onsu. Kekhasan sajian ayam geprek ini adalah ayam goreng tepung disiram keju mozarella, lengkap dengan sambal bawang dan lalap. Juga, hidangan lain misalnya ayam dimakan dengan mi instan, dan lain sebagainya.

Saat ini, outlet Ayam Geprek Bensu telah beredar di banyak loka pada seluruh Indonesia. Jenis menunya pula banyak diikuti oleh usaha-usaha kuliner ayam yg lain.

3. Es Kepal Milo

Dukungan media sosial misalnya youtube & instagram membuat minuman ini cepat terkenal. Di banyak wilayah, penjual es kepal milo bermunculan bak cendawan di trend hujan. Jajanan ini dijual dengan harga nisbi terjangkau, homogen-homogen mampu dinikmati hanya dengan Rp10.000 per gelas.

4. Banananugget

Jajanan pisang nugget atau nugget pisang asal menurut Makassar, Sulawesi Selatan. Berbeda dengan pisang goreng atau keripik pisang, nugget pisang dikreasikan layaknya olahan nugget dengan bahan baku pisang & pada penyajiannya diberikan topping aneka rasa.

Pilihan toppingnya mirip menggunakan martabak kekinian, mulai berdasarkan coklat, keju, almond, oreo, marshmallow sampai green tea. Tekstur nugget pisang cenderung renyah lantaran digoreng menggunakan tepung panir. Rasanya sangat manis. Jadi, jika kamu nir terlalu demen camilan yg anggun, kuliner ini mampu bikin kamu kurang nyaman.

Sebaliknya,  bagi penggemar kudapan anggun-anggun, nugget pisang merupakan camilan yg perlu dicoba. Di tengah warga , sudah poly muncul merek nugget pisang dengan tawaran jajanan serupa. Seperti Banananugget, King Banana, dan lain sebagainya.

5. Martabak Manis

Orang Indonesia sudah usang mengenal martabak cantik berdampingan dengan martabak telur. Di beberapa wilayah, misalnya Surabaya, martabak anggun diklaim terperinci bulan. Nah, masakan usang ini beberapa tahun belakangan ini sebagai fenomenal berkat penemuan yg digagas anak-anak muda.

Martabak anggun pun tampil bak pizza ala Indonesia menggunakan taburan topping beraneka ragam. Mulai dari nutella, coklat, meses, almond dan lain sebagainya.

Beberapa merek yg populer diantaranya martabak Orins, Markobar, dan lain sebagainya. Harga seloyang martabak cantik kekinian ini bervariasi mulai Rp40.000 sampai pada atas Rp100.000 per porsi.

6. Cake oleh-oleh kekinian
 
Tren ini sudah terjadi semenjak beberapa tahun silam dan sempat sebagai kenyataan menonjol. Walau saat ini pamornya sudah mulai surut, usaha kuliner yang dirintis para seniman ini layak juga menjadi ide usaha kamu.
Advertisement

Klik Untuk Komentar